Tuesday, April 19, 2011

Pengaruh Game Online







Annyong Haseyo…..
This time, gue mau bahas tentang pengaruh “Game Online”
Sebenernya gue dapet ide ini dari salah satu majalah yang ada di BP sekolahan.
Waktu itu gue telat berangkat ke sekolah…. Truz gue disuruh ngaji di ruangan BP….. Alhasil gue ngaji disana bareng anak-anak yang telat…. Waktu nunggu giliran buat baca kitab gue baca-baca majalah gitu…… gue baca rubik tentang pengaruh game online gitu!
Tragis banget deh…. ada berita kalo' terlalu sering maen game online bisa bikin MATI.... What? Banyak banget temen-temenku yang udah kecanduan game online….. makanya gue pengen nyadarin mereka aja…. Biar gag terlalu sering maen game online….
Well let’s see…….

Akhir-akhir ini kalian semua maybe gag asing sama permainan game online kan? Berkembangannya permainan game online ini udah menjamur di kota-kota besar maupun pelosok-pelosok desa di Indonesia. Perkembangan warnet di Indonesia udah ada sejak beberapa tahun ini udah mulai terlihat sangat pesat. Bayangin aja, hampir disetiap pinggir jalan bisa kita temui beberapa warnet yang udah menyediakan fasilitas internet buat browsing atau game online. Dari hasil pengamatan yang udah gue lakukin, di beberapa warnet ini kebanyakan dipenuhi sama kalangan pelajar yang datang buat ngabisin waktunya buat main game online and terkadang mereka rela sampe’ gag masuk sekolah ( bolos ) and tidur di warnet ( nginep ) hanya demi main game online. (parah banget…. Klo gue mah ogah… sampe dibela-belain nginep segala…. Bisa-bisa gue diajar sama nyokap-bokap gue) Apa yang udah dilakukan sama para pelajar yang nakal itu kadang tanpa diketahui sama orang tua mereka, adaaaaaa aja alasan mereka buat nyakinin orang tua nya, entah itu belajar di rumah teman, atau nggak ada acara di sekolah. Dalam hal ini seharusnya para orang tua harus lebih memperhatikan lagi anak – anak mereka. Yah, paling gag tahu lah kemana anak mereka setelah pulang sekolah. Biar gag dikibulin sama anak nya sendiri…

Nah, sekarang kita simak bareng – bareng kesimpulan yang berpengaruh negatif dari anak-anak yang udah kecanduan permainan game online ini…..

*Pelajar yang main game online biasanya cuma buat menghambur – hamburin waktu and uang secara sia – sia alhasil, dia jagi boros banget. Daripada uang kalian buat maen game mendingan buat beli gadget yang baru-baru aja…. Atau gag kasih aja uangnya ke aku… hehehe….
*Bermain game online buat mereka jadi ketagihan. Klo gue maen game online gag sampe ketagihan… aku lebih suka game house / game computer…
*Malah kadang lebih ngerelain sekolahnya buat main game online (bolos sekolah). Wah, kalo yang satu ini sering banget dilakuin temen-temen gue…
*Dengan main game online tersebut juga bisa buat mereka lupa waktu, makan, beribadah, waktu untuk pulang , etc.
*Dengan terlalu sering berhadapan dengan monitor secara mata telanjang bisa membuat mata kita jadi minus (pake’ kacamata). Oh no!
*Anak tersebut jadi sering bohong sama orang tuanya cause dia awalnya pamit buat berangkat sekolah, eh… ternyata… dia bolos sekolah buat main game online. Dasar, anak bandel….

And, sekarang kita simak kesimpulan yang berpengaruh positif dari anak – anak yang udah kecanduan permainan game online ini…

*Pelajar tersebut bisa menguasai komputer lebih lanjut.
*Dengan main game online secara langsung mereka bisa cepet ngerti bahasa Inggris yang dipake’ pada gamenya gag jarang mereka juga mesti mengartiin sendiri kata – kata yang mereka nggak ketahui.
*Dari game online ini bisa nambah teman mereka walau hanya didunia nyata maupun maya, malah ada juga yang dapet pacar dari main game online (tapi kata temenku sih) gag tau juga kalo dia bo’ong….
*Bagi yang udah punya ID dari salah satu game onlinenya yang telah jadi (GG) mereka bisa menjualnya ke orang lain dan akhirnya dapat duit dari hasil tersebut. Ini nih yang enak… dapet duit…
*Dengan memanfaatkan game online bisa untuk mencoba mengurangi stress akibat aktivitas yang udah kita lalui / buat menghilangin bosen sama kegiatan yang ‘itu - itu’ aja.
*Bisa untuk ajang melatih konsentrasi (misal dalam game game action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari). Tentunya game yang baik.

Psssstt…. Tapi ada juga loh alasan kenapa mereka gag mau berhenti maen game online…

*Penghargaan, Di Game Online kita mendapat apa yang kita tidak dapat didunia nyata, misalnya nih, didunia nyata kita hanya pecundang (looser!), di Game Online kita klo rajin banget bisa level paling tinggi equipment paling bagus maka kita bakal dihargai sama orang lain, ditambah lagi klo kita jadi dewanya PVP. Wah… keren deh….
*Rasa Tanggung Jawab Jadi Seorang Pemimpin, Bila kita di Game Online udah ngetop kita bisa bikin Guild sendiri, after that Guild kita jadi besar lalu kita yang jadi ketua Guildnya maka kita ada rasa tanggung jawab ngurus Guild.
*Jadi Kaya dari Game Online, Klo kita udah ngetop kita bisa punya barang-barang bagus bisa dijualin dalam bentuk Rupiah, apalagi klo berbentuk Gold bisa kaya kita dari Game Online, ada temanku yang jualan Gold bisa dapat 9 juta rupiah per bulan. Senangnya…..

Kalo aku sih, maen game online gag begitu sering…paling cuma tiga jam aja… abis itu udah deh. Gag kayak temen-temenku di sekolah. Beuh, sampe’ ada yang nginep di warnet and bolos sekolah. Aigo… capek deh!

Eh, aku ada tips nih buat yang pengen berhenti maen game online….

*Jangan kamu sejajarin level dan equipment character kamu sama generasi kamu, maennya santai saja, dan kamu sejajarin level dan equipment character kamu sama 3 generasi dibawah kamu pasti deh kamu bisa main dengan membatasi diri.
*Ingat….! Disiplinkan diri maksimal maen sehari 3 jam, klo lagi mau raid dungeon yang habisin waktu berjam2 jangan di hari biasa pilih aja hari libur dan kamu jg batasin maksimal raid dungeon seminggu sekali.
*Cari Kegiatan lain selain game online cari kegiatan lainnya seperti belajar, olah raga, bantuin ortu, ngembangin hobi, missal nih: belajar, fitness, basket, maen bola, maen layangan, ngerjain soal, ngembangin hobi selain maen game, etc.
*Cari Pacar, nah biar sabtu ngak maen game online dari pagi sampe pagi lagi, nah tipsnya ya cari pacar, nah kan pacar kalian klo malam minggu minta diajak kencan ataw ketemuan (apel) jadi kamu bisa deh ngelupain sejenak game online kamu di hari sabtu demi pacar.

Berikut adalah dampak secara fisik, sosial, and psikis dari kecanduan permainan game online

Pertama, dampak secara Psikis

*Pikiran kita jadi terus menerus mikirin game yang sedang kita mainin. Alhasil, kita jadi sulit konsentrasi saat belajar & bekerja, and jadi sering bolos sekolah atau menghindari pekerjaan yang menurut kita sulit.
*Membuat kita jadi cuek, acuh tak acuh, kurang peduli sama hal - hal yang terjadi di sekeliling kita.
*Melakukan apa pun demi bisa main game, kaya’ bohong, mencuri uang, etc.
*Terbiasa hanya berinteraksi satu arah dengan computer (pacaran sama computer) yang buat kita jadi tertutup, and sulit buat mengekspresikan diri saat ada di lingkungan yang nyata.

Kedua, dampak secara Sosial

*Hubungan kita sama teman and keluarga jadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang.
*Pergaulan kita hanya di game online aja, jadi membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan yang nyata.
*Ketrampilan sosialnya jadi berkurang, jadi semakin merasa sulit buat berhubungan sama orang lain.
*Perilaku jadi kasar (meso-meso) and agresif(tawuran / berfikir gag logis) karena terpengaruh sama apa yang kita lihat dan mainkan di game online.

Ketiga, dampak secara Fisik

*Terkena paparan cahaya radiasi komputer yang bisa ngerusak saraf mata sama otak , trus… kesehatan jantung jadi menurun akibat bergadang 24 jam main game online terus-terusan.
*Ginjal sama lambung juga ikut terpengaruh. Akibat kebanyakan duduk, kurang minum, lupa makan karena keasyikan main.
Berat badan jadi menurun karena lupa makan, atau malah bisa juga bertambah karena banyak ngemil dan kurang olahraga.
*Mudah lelah saat melakukan aktivitas fisik, kesehatan tubuh jadi menurun karena kurang olahraga. Yang paling parah adalah bisa mengakibatkan KEMATIAN.

Makanya…. Kalian jangan terlalu sering maen game online… kalian boleh kok main game online… tapi harus tau waktu dan jangan lupain kewajiban-kewajiban kalian

Cara menyembuhkan para pecandu game online.

Well, unsur utama yang paling penting adalah niat, kebulatan tekad dan kontrol diri untuk bisa terlepas dari kecanduan game online dan kembali menata kehidupan yang terganggu akibat kecanduan itu.

Setelah ada niat, kita pun perlu mengakui bahwa kita gag berdaya melawan keingian untuk bermain dan mengakui bahwa hidup kita jadi tidak terarah dan tidak teratur akibat game online itu.

Berdoa, minta pertolongan dan kekuatan Tuhan untuk dapat lepas dari kecanduan ini.

Buatlah daftar alasan mengapa ingin menghentikan kecanduan game on-line. Kita dapat bertanya ke keluarga atau teman dekat untuk membantu kita melengkapi daftar itu. Tempelkan daftar ini di tempat yang mudah dilihat oleh kita untuk membantu menguatkan komitmen kita.

Buatlah rencana kapan kita mau berhenti sepenuhnya. Kontrol diri sangat penting dalam hal ini. Kurangi secara bertahap frekuensi bermain game online.

Tuliskan keuntungan yang dirasakan selama mengurangi dan membatasi bermain game online. Ketika kita kembali bermain tanpa mengenal batas waktu setelah kita berhasil berhenti bermain, bukan berarti rencana kita gagal. Hal itu wajar terjadi. Yang terpenting adalah kita belajar dari pengalaman kita agar hal itu tidak terjadi lagi.


Well…. Semoga info-info yang udah aku tulis bisa berguna… and so sorry kalo ada kata-kata yang salah ngetiknya….
Miyanhae…..


By: Uus Hita / Uswatun Khasanah

No comments:

Post a Comment